Perubahan wujud zat

Rabu, 22 April 2015

Perubahan wujud zat digolongkan menjadi enam peristiwa sebagai berikut:

1. Membeku
Peristiwa perubahan wujud dari cair menjadi padat. Dalam peristiwa ini zatmelepaskan energi panas. Contoh peristiwa mencair yaitu air yangdimasukkan dalam freezer akan menjadi es batu, lilin cair yangdidinginkan.

2. Mencair
Peristiwa perubahan wujud zat dari padat menjadi cair. Dalam peristiwa inizat memerlukan energi panas. Contoh peristiwa mencair yaitu pada batu esyang berubah menjadi air, lilin yang dipanaskan.

3. Menguap
Peristiwa perubahan wujud dari cair menjadi gas. Dalam peristiwa ini zatmemerlukan energi panas. Contohnya air yang direbus jika dibiarkan lama-kelamaan akan habis, bensin yang dibiarkan berada pada tempat terbukalama-lama juga akan habis berubah menjadi gas.

4. Mengembun
Peristiwa perubahan wujud dari gas menjadi cair. Dalam peristiwa ini zatmelepaskan energi panas. Contoh mengembun adalah ketika kitamenyimpan es batu dalam sebuah gelas maka bagian luar gelas akan basah,atau rumput di lapangan pada pagi hari menjadi basah padahal sore harinyatidak hujan

5. Menyublim
Peristiwa perubahan wujud dari padat menjadi gas. Dalam peristiwa ini zatmemerlukan energi panas. Contoh menyublim yaitu pada kapur barus(kamper) yang disimpan pada lemari pakaian lama-lama akan habis.

6. Pemuaian dan Penyusutan

Pemuaian dan Peyusutan Setiap benda (padat, cair dan gas) akanmemuai jika dipanaskan. Memuai adalah bertambahnya ukuran benda.Contoh peristiwa pemuaian yang terjadi dalam peristiwa sehari - hari :a. Pemuaian pada benda padat Salah satu contoh pemuaian pada benda padat adalah sambungan pada rel kereta. Sambungan rel kereta dibuatrenggang. Hal ini bertujuan untuk memberi ruang muai apabila relkereta api terkena panas.Penyusutan adalah kebalikan dari pemuaian. Contoh peristiwa pemuaian benda dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut : a.Penyusutan pada benda padat. Salah satu contoh penyusutan pada benda padat adalah keadaan kabel telepon pada pagi hari jika dibandingkandengan siang hari. Kabel telepon pada siang hari mengendur dan pada pagi hari esoknya akan mengencang, hal itu karena pada sore hari danmalam harinya ada penurunan suhu



0 komentar:

Posting Komentar